Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon Terbaru

Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon Terbaru

Taman sari gua sunyaragi cirebon terbaru – Sebelumnya anda harus tahu dulu nih Taman Gua Sunyaragi itu kayak gimana sih? Nah, biar gak bikin penasaran yuk simak selengkapnya.

Gua sunyaragi merupakan Sebuah gua yang berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon dimana terdapat bagunanna mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi berasal dari kata “sunya” yang artinya sepi dan “ragi”yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta.

Pada zaman dahulu kompleks gua tersebut dikelilingi oleh danau yaitu Danau Jati. Lokasi terletak di mana dulu terdapat Danau Jati saat ini sudah mengering dan dilalui jalan by pass Brigjen Dharsono, sungai Situngkul, lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas, Sunyaragi milik PLN, persawahan dan menjadi pemukiman penduduk. Bukan cuma itu saja, di gua tersebut banyak terdapat air terjun buatan sebagai penghias dan hiasan taman seperti Gajah, patung wanita Perawan Sunti, dan Patung Garuda. Gua Sunyaragi merupakan salah satu bagian dari keraton Pakungwati sekarang bernama keraton Kasepuhan.

Baca juga : Tempat Wisata Bukit Gronggong Cirebon Lengkap

Lokasi

Gua Sunyaragi berlokasi di sisi jalan By Pass Brigjen Dharsono, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon.

Rute Menuju  Taman Gua Sunyaragi

Untuk asal kota Cirebon sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata tersebut karena sudah jelas tahu letaknya. Sedangkan untuk pengunjung luar kota bahkan luar negri, tentu mereka kebingungan.

Untuk menuju ke lokasi Wisata Gua Sunyaragi dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Bagi pengunjung atau pendatang baru bisa meminta paduan arah ke objek Wisata Gua Sunyaragi melalui google maps yang terpasang di smartphone. Paduan itu akan cukup akurat, sebab posisi taman yang di tengah kota sudah terpetakan dengan baik oleh aplikasi peta.

Sedangkan untuk pengunjung yang mengendarai kendaraan umum seperti halnya bis umum atau angkutan lainnya juga bisa mencapai taman dengan mudah. Setelah pengunjung sampai di terminal bis atau kereta api di kota Cirebon, pengunjung bisa mencari Objek ataupun taksi.

Ojek atau taksi konvensional maupun On-Line bisa melayani rute Taman Sunyaragi dengan baik. Lokasi ini hanya berjarak 1.5 km dari terminal Harjamukti Cirebon, dan 5 km dari stasiun kereta api Cirebon.

Jam Buka Taman Gua Sunyaragi

Cagar budaya Gua Sunyaragi buka setiap hari pukul 8.00 – 17.30 WIB.

Tiket Taman Gua Sunyaragi

Untuk menikmati wisata sejarah di Taman Gua Sunyaragi pengunjung di kenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000,00.

Untuk parkir dikenakan tarif sebesar Rp. 3000,00.

Pengelola juga menyediakan jasa pemandu wisata bagi yang ingin mengenal sejarah dari Goa Sunyaragi dengan biasa sebesar Rp. 50.000,00.

fasilitas Taman Gua Sunyaragi

Wisata Gua Sunyaragi di Sunyaragi Cirebon Jawa Barat bisa dibilang sebuah wisata Gua yang memiliki fasilitas pendukung wisata yang memadai. Hal ini dikarenakan lokasi yang berada di tengah kota di tambah keseriusan pengelola taman ini.

Beberapa fasilitas yang dimiliki taman ini seperti Mushola, Area parkir kendaraan, Kamar mandi, Penginapan dan Warung makan.

Objek Wisata Dekat Gua Sunyaragi

Pada saat anda mengunjungi taman Gua Sunyaragi ada sebaiknya untuk mengunjungi keraton di Cirebon. Keraton dan Taman Sunyaragi merupakan satu kesatuan paket sejarah yang tidak bisa terpisahkan. Jarak antara Taman Gua ke Keraton Kasepuhan 4,3 km. Sedangkan Keraton Kanoman 4,7 km. Terakhir Keraton Kacirebonan relatif sama sekitar 7 km.

Bagi pengunjung yang setelah mengunjungi taman sakral Sunyaragi dan anda ingin melanjutkan  ke wisata religi, bisa memilih Makam sunan Gunung Jati. Makam anggota wali songo ini berjarak sekitar 7,5 km dari taman.

Jangan khawatir bahwa wisatacirebon.com telah menyediakan berbagai paket wisata yang ada di cirebon sehingga  anda bisa menikmatinya.

Nah, gimana teman-teman anda tertarik berkunjung ke taman sari Gua Sunyaragi bukan? Untuk anda yang sedang menikmati liburan ke Cirebon jangan lupa mampir ke sini ya!!

Tinggalkan Balasan

Close Menu
Telepon
Whatsapp